Kamis, 16 Februari 2012


RENCANAPELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : SMA Negeri 2 Bogor
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit


A. StandarKompetensi
8.1 Mengungkapkan pikiran danperasaan melalui kegiatan menulis puisi.
B.Kompetensi Dasar
8.2 Menulis puisi baru denganmemperhatikan bait, irama, dan rima.
C. TujuanPembelajaran
1. Pesertadidik mampu mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima.
2. Pesertadidik mampu menulis puisi dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
3. Pesertadidik mampu meanggapi puisi yang dibuat oleh temannya.
D. MateriPembelajaran
1. Contohpuisi
2. Ciri-ciripuisi baru
3. Bait,rima dan irama dalam puisi baru
4.Langkah-langkah menulis puisi
E. Indikator
a. Mengidentifikasipuisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima.
b. Menulispuisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.
c.Menyunting puisi baru yang dibuat oleh teman.
F. MetodePembelajaran
a. Activelearning
b. Ceramah


G.Langkah-langkah Pembelajaran


No
Kegiatan
Alokasi waktu
Kegiatan awal
Apersepsi
1. Peserta didik dikondisikan untuk berdoa bersama (nilai religius)
2. Guru mereview tentang materi pada pertemuan sebelumnya.
3. Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran hari ini.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
1. Guru mengeksplor pengetahuan peserta didik tentang puisi.
2. Peserta didik menebak tokoh-tokoh penyair dalam slide.
3. Peserta didik menyimak puisi yang ditampilkan oleh guru dan salah satu peserta didik membacakan puisi tersebut.
4. Guru memaparkan langkah-langakah menulis puisi
Elaborasi
1. Peserta didik mengidentifikasi puisi baru yang ditampilkan dalam slide dari segi tema, bait, irama, dan rima.
2. Salah satu peserta didik menanggapi hasil identifikasi temannya tentang puisi tersebut.
3. Guru menampilkan gambar sebagai media untuk peserta didik dalam menulis puisi.
4. Peserta didik menemukan kata-kata yang tepat untuk disusun menjadi puisi berdasarkan gambar.
5. Peserta didik menulis puisi berdasarkan gambar.
6. Beberapa peserta didik menampilkan hasil puisinya.
7. Peserta didik saling menanggapi hasil puisi temannya.
Konfirmasi
1. Guru memberikan penguatan dalam bentuk lisan dan tulisan tentang puisi yang ditulis oleh peserta didik.
2. Guru memotivasi peserta didik berkaitan dnegan materi pembelajaran.
Kegiatan Akhir
1. Guru dan peserta didik menyimpulkan pembelajaran hari ini.
2. Refleksi
3. Evaluasi
Tugas Terstruktur
Buatlah puisi berdasarkan gambar ditampilkan.
15’
60’
15’
H. Sumberdan Alat Pembelajaran
a. BukuKompetensi Berbahasa Indonesia kelas X terbitan Erlangga,halaman 100.
b. Powerpoint materi puisi
c. Gambar
I. Penilaian
a. JenisTagihan : Tugas Indivudu
b. BentukInstrumen : Praktik menulis puisi
c. Instrumen
Buatlah sebuah puisi berdasarkan gambar yang ditampilkan, perhatikanpemilihan diksi yang tepat, rima, dan irama!
d. Format penilaian


Indikator Penilaian
Skor
Pemilihan diksi dalam puisi
30
Kesesuaian diksi dengan tema dalam gambar
30
Keselarasan rima
25
Jumlah
85


Bogor, 14 April 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                        Guru Pelajaran Bahasa Indonesia




Drs. H. Akhmad Riva’I                                                                            Irma SiskaPriyanti

Untuk Melihat Media Pembelajarnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar