RENCANAPELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri 2 Bogor
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : X/1
A. StandarKompetensi
8.1 Mengungkapkan pikiran danperasaan melalui kegiatan menulis puisi.
B.Kompetensi Dasar
8.2 Menulis puisi baru denganmemperhatikan bait, irama, dan rima.
C. TujuanPembelajaran
1. Pesertadidik mampu mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima.
2. Pesertadidik mampu menulis puisi dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
3. Pesertadidik mampu meanggapi puisi yang dibuat oleh temannya.
D. MateriPembelajaran
1. Contohpuisi
2. Ciri-ciripuisi baru
3. Bait,rima dan irama dalam puisi baru
4.Langkah-langkah menulis puisi 
E. Indikator
a. Mengidentifikasipuisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima.
b. Menulispuisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.
c.Menyunting puisi baru yang dibuat oleh teman.
F. MetodePembelajaran
a. Activelearning
b. Ceramah 
G.Langkah-langkah Pembelajaran
No 
 |    
Kegiatan 
 |    
Alokasi waktu 
 |   
Kegiatan awal 
Apersepsi 
1.         Peserta didik dikondisikan untuk berdoa   bersama (nilai religius) 
2.         Guru mereview tentang materi pada pertemuan   sebelumnya. 
3.         Guru menyampaikan materi dan tujuan   pembelajaran hari ini. 
Kegiatan Inti 
Eksplorasi 
1.         Guru mengeksplor pengetahuan peserta didik   tentang puisi. 
2.         Peserta didik menebak tokoh-tokoh penyair   dalam slide. 
3.         Peserta didik menyimak puisi yang ditampilkan   oleh guru dan salah satu peserta didik membacakan puisi tersebut. 
4.         Guru memaparkan langkah-langakah menulis puisi 
Elaborasi 
1.         Peserta didik mengidentifikasi puisi baru yang   ditampilkan dalam slide dari segi tema, bait, irama, dan rima. 
2.         Salah satu peserta didik menanggapi hasil   identifikasi temannya tentang puisi tersebut. 
3.         Guru menampilkan gambar sebagai media untuk   peserta didik dalam menulis puisi. 
4.         Peserta didik menemukan kata-kata yang tepat   untuk disusun menjadi puisi berdasarkan gambar. 
5.         Peserta didik menulis puisi berdasarkan   gambar. 
6.         Beberapa peserta didik menampilkan hasil   puisinya. 
7.         Peserta didik saling menanggapi hasil puisi   temannya. 
Konfirmasi 
1.        Guru memberikan penguatan dalam bentuk lisan   dan tulisan tentang puisi yang ditulis oleh peserta didik. 
2.        Guru memotivasi peserta didik berkaitan dnegan   materi pembelajaran. 
Kegiatan Akhir 
1.         Guru dan peserta didik menyimpulkan   pembelajaran hari ini. 
2.         Refleksi 
3.         Evaluasi  
Tugas Terstruktur 
Buatlah puisi berdasarkan gambar ditampilkan. 
 |    
15’ 
60’ 
15’ 
 |   
a. BukuKompetensi Berbahasa Indonesia kelas X terbitan Erlangga,halaman 100.
b. Powerpoint materi puisi
c. Gambar 
I. Penilaian
a. JenisTagihan : Tugas Indivudu
b. BentukInstrumen : Praktik menulis puisi
c. Instrumen
Buatlah sebuah puisi berdasarkan gambar yang ditampilkan, perhatikanpemilihan diksi yang tepat, rima, dan irama!
d. Format penilaian
Indikator Penilaian 
 | 
  
Skor 
 | 
 
Pemilihan diksi dalam puisi 
 | 
  
30 
 | 
 
Kesesuaian diksi dengan tema dalam gambar 
 | 
  
30 
 | 
 
Keselarasan rima 
 | 
  
25 
 | 
 
Jumlah  
 | 
  
85 
 | 
 
Bogor, 14 April 2012
Mengetahui, 
Kepala Sekolah                                                                                        Guru Pelajaran Bahasa Indonesia
Drs. H. Akhmad Riva’I Irma SiskaPriyanti
Untuk Melihat Media Pembelajarnya










 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar